Korban Kebakaran Lueng Bata Dapat Rumah Baru

Avatar

BANDA ACEH – Pemko Banda Aceh melalui Baitul Mal kembali menunjukkan kepeduliannya dengan membangun rumah bagi warga Gampong Lueng Bata yang menjadi korban kebakaran pada September 2023 lalu.

Sebanyak enam unit rumah permanen telah selesai dibangun dan diserahkan kepada para korban pada Kamis, 7 Maret 2024.

Acara penyerahan kunci rumah baru secara simbolis dilakukan oleh Pejabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin kepada Muhammad Siddiqi, salah satu korban kebakaran.

Pj Wali Kota, Amiruddin, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar rumah-rumah tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para penerima manfaat.
“Kami berharap rumah tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh penerima manfaat. Alhamdulillah, hari ini telah terbangun kembali. Program ini harus jadi prioritas, karena kita ingin semua masyarakat kota menempati rumah yang layak huni,” ujar Amiruddin.

Pj Wali Kota juga mengungkapkan bahwa saat kebakaran terjadi, pihaknya langsung turun ke lokasi dan menghubungi Baitul Mal untuk meminta bantuan pembangunan rumah baru bagi korban.

Lanjut Amiruddin, respons cepat dari berbagai pihak, termasuk unsur forkopimda, telah membantu proses pemulihan bagi warga yang terkena musibah.

Tak lupa, Pj Wali Kota juga menyampaikan terimakasih kepada para muzakki yang selama ini telah memberikan kepercayaannya kepada Baitul Mal dalam mengelola zakat.

Kata Amiruddin, semakin banyak yang menyalurkan zakat ke Baitul Mal, maka akan semakin banyak warga kota yang kurang mampu dapat dibantu dengan berbagai program dari lembaga amil tersebut.

Semua pihak berharap bantuan ini dapat membantu para korban dalam memulihkan kehidupan mereka dan menjadikan rumah baru sebagai tempat tinggal yang nyaman dan aman.

Muhammad Siddiqi, salah satu penerima manfaat, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas bantuan tersebut. “Kami merasa terharu bisa kembali memiliki rumah permanen usai sebelumnya hangus dilalap si jago merah. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami,” ujarnya.

Hadir dalam acara penyerahan rumah tersebut, antara lain mantan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Ketua Baitul Mal Suria Darma, Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh Muslem Yacob, perangkat Gampong Lueng Bata, perwakilan Bank Aceh hingga unsur BPJS.[]