Wapres Melepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji Aceh Kloter Pertama

Avatar

BANDA ACEH – Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, secara langsung melepas keberangkatan calon jemaah haji Aceh kloter pertama di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Rabu (29/5/2024) sore.

Wakil Presiden tiba di Aceh melalui Bandara Sultan Iskandar Muda pada pukul 16.59 WIB. Setelah mendarat, beliau langsung melepas para jemaah haji Aceh yang berjumlah 393 orang di landasan pacu saat mereka akan boarding ke pesawat.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden didampingi oleh Penjabat Gubernur Aceh Bustami, Kapolda Aceh Achmad Kartiko, Pangdam Iskandar Muda Niko Fahrizal, Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, dan sejumlah anggota Forkopimda Aceh lainnya.

Wakil Presiden juga menyapa para jemaah haji di dalam pesawat dan menyatakan bahwa para jemaah tampak sehat dan bahagia.

“Sore ini saya mengantar keberangkatan jemaah haji Aceh. Jemaah haji Aceh rata-rata menunggu keberangkatan hingga 34 tahun,” ujar Ma’ruf Amin.

Terkait itu, Wakil Presiden meminta Kementerian Agama untuk menambah kuota keberangkatan haji bagi Aceh agar masa antrean tidak terlalu lama. “Sebagian jemaahnya sudah tua, ada ibu-ibu berumur 82 tahun, tapi mereka tetap sehat dan gembira,” tambahnya.

Wakil Presiden juga mengatakan bahwa petugas pendamping telah disiapkan untuk membimbing para jemaah haji, terutama mereka yang sudah lanjut usia.

“Saya juga mengingatkan jemaah untuk mewaspadai cuaca panas di tanah suci yang mencapai 43 derajat. Mereka diminta selalu membawa air dan tidak memaksakan diri dalam beribadah agar pelaksanaan ibadah haji yang wajib tidak tertinggal,” pesan Ma’ruf Amin.

Wapres juga mengingatkan supaya menjalankan ibadah dengan baik dan mendekatkan diri kepada Allah. (MC 05)