Mustafa Tuntaskan Pemutakhiran dan Verifikasi IDM 16 Gampong Se-Kecamatan Meuraxa

Avatar

BANDA ACEH – Sebanyak 16 gampong dalam wilayah Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh, telah selesai melakukan pemutakhiran dan verifikasi data Indeks Desa Membangun (IDM) pada Jumat (31/5/2024).

Pengisian data dilakukan berdasarkan data yang ada di gampong dan juga hasil sinergitas dengan kaur-kasi perangkat gampong setempat, pihak terkait, serta atas dukungan dari Pendamping Lokal Desa (PLD), Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Meuraxa dan tidak lepas dari pengawasan dari keuchik dan camat.

Camat Meuraxa Mustafa SSos mengatakan, pemutakhiran IDM dilakukan setiap tahunnya dalam rangka mengukur kemajuan pembangunan desa secara umum, dan untuk memberikan panduan dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang lebih tepat sasaran dan efektif.

Kemudian, hasil tersebut menunjukkan klasifikasi status kemajuan gampong, yakni desa mandiri, maju, berkembang, tertinggal, dan sangat tertinggal.

“Kecamatan Meuraxa sesuai hasil verifikasi di Tahun 2024 ke 16 gampong sudah masuk dalam kategori gampong mandiri,” jelas Mustafa.

Setelah penuntasan penginputan IDM tahun 2024 nantinya setiap gampong akan mendapat rekomendasi arah pembangunan 2024, berdasarkan data yang telah diinput ke Sistem Indeks Desa Membangun (IDM) 2024.(Hus/Hz)