Pj Gubernur Minta Pemerintah Kabupaten/Kota Tuntaskan Dana Hibah untuk KIP dan Panwaslih

Avatar

BANDA ACEH – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami, meminta pemerintah kabupaten/kota untuk segera menyelesaikan penyaluran dana hibah untuk KIP, Panwaslih dan TNI-Polri guna kelancaran pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada serentak di Aceh.

Ia berharap penyaluran dana tersebut tuntas sebelum 15 Agustus 2024. “Kita ditunjuk sebagai kepala daerah untuk menyukseskan Pilkada, jadi utamakan Pilkada dari pada kegiatan dan program lain,” kata Bustami dalam Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah Pilkada Aceh tahun 2024, di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Selasa, (30/7/2024).

Menurut Bustami, dana hibah itu sangat penting buat penyelenggara maupun pengawas Pikada, namun tentu saja dana itu digunakan sebaik mungkin, termasuk dalan kaitan tepat sasaran serta terukur. “Pengelolaan dana yang efisien dan tepat sasaran akan sangat mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada,” kata Bustami.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Bustami mengajak semua pihak untuk memastikan bahwa proses Pilkada Serentak di Aceh berjalan lancar, adil, transparan dan tentu saja demokratis.

“Kita harus memastikan bahwa setiap tahapan Pilkada dapat dilaksanakan sesuai jadwal tanpa kendala yang berarti, kesuksesan Pilkada ini adalah cerminan dari komitmen dan kerja keras kita bersama,” tutur Bustami.

Plh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri yang diwakili Kasubdit Wilayah I Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Daerah, Rikie, mengatakan, pembiayaan untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2024 menjadi tanggungjawab penuh pemerintah daerah. Ia juga meminta agar penyaluran dana hibah dapat dipercepat agar seluruh tahapan Pilkada berjalan lancar.

Rikie menyebutkan, berdasarkan data Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, sampai 29 Juli 2024 sebanyak 16 daerah di Aceh belum 100 persen menyalurkan dana hibah untuk KIP. Kemudian 23 daerah belum 100 persen menyalurkan dana hibah untuk Panwaslih. Sementara 17 daerah belum tuntas 100 persen menyalurkan dana hibah untuk TNI-Polri.

Rakor pimpinan daerah itu diikuti 267 peserta yang terdiri dari unsur Forkopimda Aceh, Pj Bupati/Wali Kota beserta unsur Forkopimda kabupaten atau kota seluruh Aceh, Komisioner KIP Aceh, Ketua KIP kabupaten/kota, dan Anggota Panwaslih Aceh dan kabupaten/kota.

Dalam Rakor tersebut juga dipaparkan kesiapan KIP Aceh dalam penyelenggaraan Pilkada oleh Ketua KIP Aceh Saifullah. Sementara kesiapan terkait persiapan pengamanan juga dipaparkan langsung oleh Kapolda Aceh dan Kasdam Iskandar Muda. Dalam rapat itu juga dibuka sesi dialog untuk menyampaikan segala kendala para penyelenggara dan pengawas di kabupaten atau kota dalam pelaksanaan Pilkada untuk mendapatkan jawaban dari pihak pejabat berwenang pada tingkatan lebih tinggi. []