Dihadapan Wantimpres RI, Kadinkes Banda Aceh Paparkan Program Percepatan Penurunan Stunting

Avatar

Lukman: Penurunan angka stunting di Banda Aceh lebih baik dibandingkan Provinsi Aceh

BANDA ACEH – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI, HR Agung Laksono, melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Lampulo pada Jumat, 9 Agustus 2024.

Kedatangan mantan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat ini disambut langsung Pj Wali Kota Banda Aceh Ade Surya bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, Kepala Puskesmas Lampulo Hayatun Rahmi, serta para dokter dan tenaga medis lainnya.

Tujuan Agung Laksono dan rombongan ke Aceh adalah untuk melihat langsung perkembangan kesejahteraan masyarakat, termasuk meninjau fasilitas kesehatan seperti Puskesmas.

Dalam kunjungannya, Agung Laksono didampingi oleh mantan Menteri PAN dan RB era SBY, Azwar Abu Bakar.

Menurut Agung Laksono, Indonesia dapat mencapai target Indonesia Emas 2045 jika mampu mengoptimalkan sektor pendidikan dan kesehatan. “Kesehatan itu hal yang sangat penting. Kesehatan adalah modal utama dalam melahirkan generasi terbaik,” ungkapnya.

Agung Laksono menyampaikan, ia melihat ada hal yang menggembirakan dari Puskesmas Lampulo. Ia pun menyampaikan apresiasi karena Puskesmas dinilainya telah memberikan pelayanan kesehatan yang sangat baik. “Selamat kepada Puskesmas Lampulo, ada hal yang menggembirakan, tempatnya sangat bersih dan didukung oleh tenaga dokter yang memadai, ada 7 dokter termasuk dokter gigi. Selamat kepada Pak Wali dan Kepala Puskesmas,” tambahnya.

Tak lupa, ia pun meminta Pj Wali Kota dan jajaran dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan pencapaian yang telah dilakukan Puskesmas tersebut.

Sementara itu, Pj Wali Kota Banda Aceh, Ade Surya, mengucapkan terima kasih kepada Agung Laksono dan rombongan yang telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke Puskesmas Lampulo. Ia mengaku kehadiran Wantimpres memberikan motivasi tambahan bagi dirinya dan jajarannya untuk terus bekerja keras mewujudkan Banda Aceh yang lebih baik, terutama dalam sektor kesehatan dan pendidikan.

Dalam kunjungan singkat anggota Wantimpres tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman berkesempatan memaparkan program percepatan penurunan stunting di hadapan Agung Laksono dan rombongan.

Saat ini, Banda Aceh yang terdiri dari 90 gampong memiliki 11 unit Puskesmas, 27 Pustu, 34 Polindes, dan 114 Posyandu. Kata Kadinkes Lukman.

Berkat kerja keras berbagai pihak, angka stunting di Banda Aceh berhasil turun sebesar 3,4 persen, dari 25,1 persen pada tahun 2022 menjadi 21,7 persen di tahun 2023.

Penurunan angka stunting di Banda Aceh ini lebih baik dibandingkan Provinsi Aceh yang tercatat angka stuntingnya 29,1 persen. Keberhasilan ini merupakan hasil nyata dari komitmen Pemko Banda Aceh dan kolaborasi berbagai pihak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pungkas Lukman.[]