Gerak Cepat Ade Surya Serahkan Bantuan Masa Panik Kebakaran di Aspol Lamteumen

Avatar

BANDA ACEH – Kebakaran hebat terjadi di komplek Asrama Polisi (Aspol) Gampong Lamteumen Barat, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh.

Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (6/8/2024) dinihari sekitar pukul 03.20 WIB dan menghanguskan 10 unit rumah warga yang terdiri dari dua unit di blok B dan delapan unit di blok D.

Api berhasil dipadamkan oleh petugas DPKP Banda Aceh sekitar pukul 06.00 WIB dengan mengerahkan 10 armada.

Sebanyak 10 Kepala Keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal dan harta benda mereka akibat kebakaran ini. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Mendapat laporan dari OPD terkait, Pj Wali Kota Ade Surya langsung datang ke lokasi kejadian bersama Kapolresta Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli dan Dandim 0101/KBA Kolonel Czi Widya Wijanarko.

Dalam kunjungannya, Pj Wali Kota menyampaikan rasa prihatin atas musibah yang menimpa warganya.
“Ini menjadi tanggung jawab Pemko melalui BPBD dan Dinsos. Kita akan serahkan bantuan masa panik untuk warga yang sedang ditimpa musibah,” ujarnya saat diwawancarai oleh awak media.

Ade Surya meminta dinas terkait mendata para korban untuk kemudian dapat diserahkan bantuan masa panik tersebut.

Sebelum zuhur, Pj Wali Kota Ade Surya kembali ke lokasi bersama Kapolrestas, Dandim, Ketua DPRK dan Ketua TP PKK Yekki Yasmin serta para kepala OPD terkait. Ia menyerahkan bantuan masa panik untuk para korban, yakni kepada 10 KK yang tertimpa musibah.

Adapun bantuan yang diserahkan Ade Surya terdiri dari bahan pokok, perlengkapan masak, hingga pakaian, termasuk susu dan pampers untuk bayi dan balita.

Ada sekitar 51 item barang bantuan yang diserahkan, mulai dari beras, mie instan, air mineral, gula, telur, minyak makan, roti, tabung gas, kompor gas dan regulator, piring, wajan, sendok, blender, pakaian seperti baju, mukena, jilbab, selimut, paket sekolah hingga perlengkapan mandi bayi.

Selain itu, ia juga telah mengarahkan Baitul Mal untuk segera turun ke lokasi guna menyerahkan bantuan tambahan.

Bantuan tersebut diharapkan dapat sedikit mengurangi beban mereka yang sedang ditimpa musibah.

Selain menyerahkan bantuan, Pj Wali Kota juga memerintahkan Kepala Puskesmas untuk memeriksa kesehatan para korban, terutama karena terdapat beberapa bayi dan balita yang turut menjadi korban kebakaran.

Sementara itu, Kapolresta Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan olah TKP sesuai arahan Kapolda untuk memastikan penyebab kebakaran. “Kami juga akan mendata korban, ada beberapa anggota kami yang hanya tinggal baju di badan,” tambahnya.[]