Pawai Karnaval HUT ke 79 RI di Banda Aceh Berlangsung Meriah

Avatar

BANDA ACEH – Ribuan pelajar yamg terdiri dari siswa-siswi TK, SD, SMP dan SMA sederajat se-Kota Banda Aceh memeriahkan karnaval dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 di Banda Aceh.

Karnaval yang penuh warna dan semangat nasionalisme ini dilepas langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh Ade Surya di Taman Ratu Safiatuddin, Minggu (18/8/2024).

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Dandim 0101 BS Kolonel Czi Widya Wijanarko, Wakapolresta AKBP Satya Yudha Prakasa, Kepala OPD terkait dan sejumlah undangan lainnya.

Sepanjang parade pawai, para peserta mengenakan kostum-kostum unik dan indah mulai dari baju adat daerah Aceh maupun baju adat daerah lain, seragam profesi seperti polisi, guru, dan dokter, adapula peserta yang memakai kostum gaun buatan tangan dari limbah daur ulang.

Beberapa tim peserta juga membawa alat-alat musik tradisional Indonesia seperti angklung. Ada pula tim yang bernyanyi lagu daerah Aceh sepanjang jalan. Mereka didampingi oleh para guru dan orang tua wali peserta.

Untuk rute mulai dari PKA menuju Simpang PDAM Tirta Daroy, kantor Gubernur Aceh, putar arah ke kantor BKKBN, lintasan BMA, lintasan RSUZA, Simpang Jambo Tape, lintas Jalan Daud Bereueh, menuju Masjid Oman dan Finish di PKA.

Kata Pj Wali Kota rute ini sengaja dipilih berbeda dari tahun sebelumnya. Karena ingin memperlihatkan bahwa di kota Banda Aceh banyak tempat wisata lainnya yang juga bagus.

“Kemudian memperkenal tempat wisata di Banda Aceh, rotasi untuk menunjukkan keberagaman dan menunjukkan destinasi wisata yang ada di Banda Aceh,” kata Ade Surya.

Ade Surya juga menuturkan bahwa kegiatan karnaval tersebut bukan hanya sekedar hiburan, melainkan juga sebagai pelestarian budaya dan adat istiadat Aceh maupun Nusantara.

“Kita berharap melalui kegiatan ini kita juga dapat merasakan betapa kaya dan beragamnya warisan budaya yang kita miliki, sesuai dengan tema HUT RI kali ini Nusantara Baru Indonesia Maju,” ujar Ade Surya.(AY)