Pj Wali Kota Ade Surya Ajak Pemuda Sukseskan PON dan Pilkada

Avatar

BANDA ACEH – KNPI Kota Banda Aceh menggelar Musda ke-XIV di Aula Lantai IV Gedung Mawardy Nurdin, Sabtu (3/8/2024).

Acara ini terasa spesial karena dihadiri oleh sejumlah tokoh-tokoh Banda Aceh. Dari kalangan pejabat hadir Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Wakil Ketua DPRK Isnaini Husda, dan unsur Forkopimda.

Dari jajaran Pemko turut hadir Kadispora Kota Banda Aceh, Reza Kamilin.

Sementara dari kalangan politisi, hadir Illiza Sa’aduddin Djamal, anggota Komisi X DPR-RI; Ketua PAN Kota Banda Aceh sekaligus mantan Wali Kota Aminullah Usman, dan Hasanuddin Ishak. Ketiganya saat ini digadang-gadang akan maju dalam kontestasi Pilkada Banda Aceh.

Dari unsur pimpinan KNPI sendiri hadir Ketua KNPI Aceh Aulia Rahman dan karetaker Ketua KNPI Kota Sulthan Muhammad Yus yang memberikan laporan kegiatan.

Musda kali ini berhasil digelar setelah sebelumnya sempat tertunda dengan Sulthan Muhammad Yus ditunjuk sementara sebagai karetaker.

Pj Wali Kota Banda Aceh, Ade Surya, secara resmi membuka Musda XIV Kota Banda Aceh. Ia menyampaikan rasa bangga dan bahagia atas kehadiran KNPI Kota di tengah-tengah pemuda yang memiliki semangat dan kreativitas.

Ade Surya menyinggung kemajuan Banda Aceh setelah bencana gempa dan tsunami tahun 2004 yang menghancurkan infrastruktur kota dimana berhasil dibangun kembali dengan modal semangat dan kreatifitas.

Banda Aceh berhasil bangkit di bawah kepemimpinan Mawardy Nurdin, dilanjutkan oleh Illiza Sa’aduddin Djamal, Hasanuddin Ishak, dan Aminullah Usman.

Ia mengapresiasi semangat dan kreatifitas para mantan Wali Kota yang harus ditiru oleh seluruh pemuda hari ini untuk berkontribusi dalam kemajuan kota sesuai dengan tema Musda, “Konsolidasi Pemuda, Jemput Kemajuan Kota”.

Ade Surya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang hadir dan berharap Musda berlangsung lancar serta melahirkan ketua baru yang dapat melanjutkan program-program organisasi dengan lebih baik di masa mendatang.

Dalam sambutannya, Ade Surya juga mengingatkan para pemuda tentang dua agenda besar yang akan dihadapi, yaitu PON ke-XXI Aceh-Sumut dan Pilkada. Ia meminta para pemuda dapat berperan dalam menyukseskan kedua agenda besar tersebut.
“PON XXI Aceh-Sumut, bagi Banda Aceh harus jadi etalase. Dari 33 cabor yang dipertandingkan di Aceh, 22 cabor diantaranya digelar di Banda Aceh,” ujar pj wali kota.

Pembukaan PON akan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa dan dijadwalkan dibuka oleh Presiden RI Ir Joko Widodo pada 8 September.

Ade Surya menekankan pentingnya komunikasi dengan semua pihak agar Banda Aceh menjadi tuan rumah yang baik bagi seluruh tamu dari seluruh Indonesia. Dan, KNPI dengan 78 OKP di dalamnya diharapkan berperan penting dalam menyukseskan event nasional ini.
“Kita memiliki banyak UMKM dan produk unggulan yang terkendala dalam pemasaran. PON menjadi momentum untuk mengenalkan produk UMKM kita, KNPI harus ikut mendorong itu,” tambahnya.

Soal Pilkada, Ade Surya mengajak KNPI ikut memainkan peran mereka agar pesta demokrasi di Banda Aceh berlangsung sukses, aman, dan damai.[]