Bustami Hamzah – Syech Fadhil Resmi Mendaftar ke KIP Aceh

Avatar
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Bustami Hamzah-Fadhil Rahmi saat mendaftar ke KIP Aceh, Jum’at (13/9/2024).
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Bustami Hamzah-Fadhil Rahmi saat mendaftar ke KIP Aceh, Jum’at (13/9/2024).

BANDA ACEH – Setelah diumumkan, pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Bustami Hamzah-Fadhil Rahmi resmi didaftarkan ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Jum’at sore (13/9/2024).

Anggota DPD RI asal Aceh Fadhil Rahmi resmi menjadi cawagub Aceh pendamping Bustami Hamzah, untuk menggantikan posisi bakal cawagub sebelumnya Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab atau Tu Sop yang meninggal dunia beberapa hari lalu.

Pendaftaran pasangan Bustami Hamzah-Fadhil Rahmi diterima langsung oleh Ketua KIP Aceh Saiful didampingi sejumlah Komisioner KIP Aceh.

Turut mendampingi saat pendaftaran sejumlah ketua partai pengusung yakni Ketua DPD I Partai Golkar Aceh TM Nurlif, Ketua DPW PAN Aceh Mawardi Ali, Ketua DPP PAS Aceh Tu Bulqaini, Sekretaris DPW Partai NasDem Aceh Zamzami.

Penunjukan Fadhil Rahmi mendampingi Bustami Hamzah telah disepakati bersama oleh koalisi partai pengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur yaitu Partai NasDem, Golkar, PAN, PAS Aceh dan PDA.

Sebelum mendaftar ke KIP Aceh, keduanya menerima surat dukungan dari Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh selaku partai pengusung, Jumat (13/9/2024) di kantor PAS Aceh.

Bakal calon gubernur Aceh, Bustami Hamzah mengatakan, semua partai pendukung dan koalisi sudah mengetahui dan setuju dengan penunjukan Fadhil Rahmi.

“Penunjukan Fadhil Rahmi menggantikan almarhum Tu Sop, telah disepakati melalui proses musyawarah dilakukan partai koalisi. Insya Allah semua sudah satu, keputusan kemarin semua partai pengusung kita sudah duduk, alhamdulillah dengan izin Allah kita bersepakat dengan Syech Fadhil,” kata Bustami.

Bustami menyebutkan, pemilihan pasangan itu juga sudah melalui proses persetujuan atau izin para ulama. Katanya, Fadhil Rahmi juga irisan dari ulama serta memiliki niat yang sama membangun Aceh lebih baik.

“Saya terus berkomunikasi menyamakan persepsi, bahwa di antara ini jatuhlah pilihan ini dengan takdir. Semua ini bersatu untuk Aceh lebih baik, itu saja yang kami dasari dari pemikiran. Insya Allah kami terus bersama ulama untuk Aceh lebih baik ke depan,” sebutnya.

Ketua DPP Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh Tgk Bulqaini Tanjungan mengatakan, pihaknya mendukung pemilihan Fadhil Rahmi, sebab sosoknya juga berlatar belakang dari pesantren.

Sementara itu, Fadhil Rahmi menyebutkan penunjukan dirinya menggantikan Almarhum Tu Sop bagian dari perintah dan juga melalui restu para guru-gurunya.

“Ini bagian dari pada perintah, kenapa, karena ini ada restu dari pada guru-guru. Ketika ada kesempatan dan restu, itu perintah bagi saya dan saya tidak bisa menolak, ini prinsip dari pada saya sebagai santri,” pungkas sosok yang akrab yang disapa Syech Fadhil itu.