Daftar Bansos Cair di September 2024, Ada BLT Rp3 Juta

Avatar

JAKARTA – Bantuan sosial (Bansos) berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) sampai bantuan pangan masih cair di bulan ini atau September 2024. Masyarakat atau keluarga penerima manfaat (KPM) dapat memeriksa bansos apa saja yang akan cair.

Bahkan kini pengecekan bisa dilakukan melalui aplikasi khusus bansos yang dibuat Kementerian Sosial (Kemensos). Aplikasi khusus ini memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait bantuan sosial (bansos).

Aplikasi ini bertujuan memastikan bahwa bantuan sosial disalurkan dengan tepat dan memberikan kemudahan bagi penerima maupun calon penerima dalam memeriksa status, serta menerima notifikasi penting terkait bantuan sosial.

Dengan fitur yang lengkap dan kemudahan akses yang ditawarkan, aplikasi ini berperan penting dalam memastikan bantuan sosial disalurkan dengan efektif dan efisien.

Adapun bansos yang akan cair seperti PKH, Bantuan Pangan Non Tunai dan beras 10 Kg. Berikut ini daftar bansos cair September 2024:

  1. PKH

Pemerintah menyalurkan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 3 pada Juli-September 2024. Oleh karena itu, masih ada sejumlah bansos PKH yang cair dibulan ini.

PKH adalah program bantuan sosial bersyarat untuk keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat. Penyaluran bansos PKH dilakukan dengan mentransfer uang langsung ke rekening penerima atau melalui Kantor Pos.

Ibu Hamil/Melahirkan: Rp3 juta per tahun atau Rp750 ribu per tahap.

Anak Usia Dini 0-6 Tahun: Rp3 juta per tahun atau Rp750 ribu per tahap.

Pendidikan Anak SD/Sederajat: Rp900 ribu per tahun atau Rp225 ribu per tahap.

Pendidikan Anak SMP/Sederajat: Rp1,5 juta per tahun atau Rp375 ribu per tahap.

Pendidikan Anak SMA/Sederajat: Rp2 juta per tahun atau Rp500 ribu per tahap.

Penyandang Disabilitas Berat: Rp2,4 juta per tahun atau Rp600 ribu per tahap.

Lansia: Rp2,4 juta per tahun atau Rp600 ribu per tahap.

  1. Bantuan Pangan Non Tunai

Bantuan Pangan Non-tunai (BPNT) juga cair di bulan ini. BPNT adalah bansos untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu.

Penyalurannya dilakukan bersamaan dengan PKH melalui rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) BRI atau Kantor Pos.

  1. Bantuan Beras 10 Kg

Bantuan beras juga masih cair di bulan ini. Di mana sebelumnya, Presiden Jokowi meminta bantuan beras 10 kg dilanjutkan hingga Agustus, Oktober, dan Desember 2024. (okezone)