Dukung PON XXI Aceh Sumut, Pemko Gelar Banda Aceh Expo

Avatar

BANDA ACEH – Pemerintah Kota Banda Aceh bersama Bank Indonesia (BI) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) kembali menggelar Banda Aceh Expo dalam rangka mendukung gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024.

Gelaran Banda Aceh Expo yang dimulai dari tanggal 10 hingga 15 September tersebut resmi dibuka oleh Pj Wali Kota Banda Aceh Ade Surya di Taman Bustanussalatin (Taman Sari), Selasa (10/9/2024).

Turut hadir pada acara pembukaan ini, Pimpinan Bank Indonesia dan BSI wilayah Aceh, para Asisten Setdako , Pj Ketua Dekranasda, Kepala OPD terkait dan sejumlah undangan lainnya.

Pj wali kota mengatakan Banda Aceh Expo dapat menjadi ajang promosi para pelaku UMKM demi mendorong pertumbuhan ekonomi selama PON Aceh-Sumut di gelar.

“Kegiatan ini bisa menjadi momentum penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan memudahkan tamu-tamu dari luar daerah bisa merasakan jajanan kuliner khas Aceh dan juga souvenir, kerajinan lainnya,” kata Ade Surya.

Ade Surya juga mengatakan bahwa dari ke empat sukses yang diusung pada kegiatan PON, setidaknya pada acara Banda Aceh Expo tersebut telah mengambil dua sukses.

“Yaitu sukses penyelenggaraan kita bisa memecah konsentrasi massa di stadion-stadion yang mempertandingkan cabor atau pada saat pembukaan PON kemarin di Stadion Harapan Bangsa dengan menggelar nobar, dan sukses yang lain adalah sukses ekonomi,” ucapnya.

Sementara Asisten Pemerintahan Bachtiar selaku Ketua panita pelaksana menyebutkan Banda Aceh Expo ini tidak hanya menyediakan berbagai jajanan kuliner dan souvenir Aceh namun juga dilengkapi fasilitas nonton bareng (Nobar) bagi warga.

“Pada gelaran Banda Aceh Expo, kita juga menyiapkan fasilitas nobar, agar warga kota bisa menonton pertandingan cabang olahraga khususnya sepakbola serta juga penampilan akustik dan grup band lokal sehingga para pengunjung dapat menikmati pengalaman yang menyenangkan,” kata Bachtiar. (AY)